Mutiara Ramadhan 1439 H - Memakmurkan Masjid

Memakmurkan Masjid
Udah jadi fenomena umum, kalo masjid atau mushola hanya rame pas bulan Ramadhan tiba. Iya apa iya? Hari pertama, masjid penuhnya bukan main. Dateng telat malah gak kebagian tempat. Eeh, di 10 hari terakhir malah masjidnya sepi. Pada kemana nih? Ternyata mall-nya yang rame.
Setiap tahun, setiap bulan, setiap minggu, setiap hari, 5 kali dalam sehari umat Islam melaksanakan sholat. Bagi yang laki-laki wajib untuk sholat di masjid. Sedangkan perempuan dianjurkan untuk sholat di rumah.
Di atas udah dijelasin, kalo laki-laki wajib sholat di masjid. Itu artinya, baik senggang ataupun sibuk, tetep aja harus sholat di masjid yang ada di deket rumah. Kecuali dia masih di tempat kerja atau sekolah. Kalo ada mushola ya sholat di situ.
Biasanya, Alfi sehari-hari sholat di masjid, kecuali kalo masih di sekolah. Jadi masjid rumah hanya ‘dipakai’ pas Subuh, Maghrib, dan Isya. Pengecualian pas Dzuhur dan Ashar, itu Alfi lakukan di sekolah, lebih tepatnya di Masjid Nurul Iman SMAN 15 Semarang yang sekarang lagi direnovasi demi kenyamanan jamaah.
Jadi, bagi kalian, para pemuda dan pemudi harapan bangsa, buat yang beriman, sholat di masjid. Bagaimanapun keadaannya, kalian harus sholat di masjid. Meskipun demikian Allah telah memberi keringanan, atau rukshoh sholat, bagi musafir, atau orang yang sedang sakit.
Bahkan, dalam sebuah asbabun nuzul disebutkan kalo Rasulullah melarang beberapa sahabat untuk pindah rumah. Kenapa? Alasan mereka adalah jarak dari rumah ke masjid cukup jauh. Rasulullah melarang dan mengatakan kalo setiap langkah ke masjid akan dinilai sebagai satu pahala. Hebat kan? Subhanallah.
Aa’ Gym juga mengatakan kalo jihad (jangan anggap Alfi anti-NKRI atau anti-Pancasila) yang paling utama adalah sholat berjamaah di masjid.
Semoga setelah bulan Ramadhan 1439 H ini bermanfaat bagi kita semua, khususnya remaja dan menjadikan insan-insan penerus bangsa sebagai orang yang bertakwa kepada Allah SWT. Amin.

Komentar

Postingan Populer