Mutiara Ramadhan 1439 H - Al-Qur'an

Al-Qur’an Al-Karim
Bukan tanpa alasan Alfi menulis tentang Al-Qur’an di bulan Ramadhan ini. Asal tau aja, Al-Qur’an itu diturunkan di bulan Ramadhan. Cuma, masalah tentang tanggal acara nuzulul qur’an masih diperdebatkan. Apakah di tanggal 17 Ramadhan atau di malam Lailatul Qadr. Kalo Lailatul Qadr itu terjadi di tanggal ganjil 10 hari terakhir.
Seperti yang kita tau, Al-Qur’an diturunkan secara mutawatir selama 23 tahun. 13 tahun di Makkah (golongan surah Makkiyah) dan 10 tahun di Madinah (golongan surah Madaniyah). Perinciannya adalah 30 juz, 114 surah, dan 6.236 ayat. Tentu saja Al-Qur’an tidak langsung diturunkan begitu saja. Al-Qur’an diturunkan dalam potongan-potongan ayat. Dan peristiwa yang menyebabkan ayat tersebut turun biasa disebut asbabun nuzul. Asbabun nuzul ini bisa beragam, tergantung apa yang terjadi pada saat itu.
Satu hal, Rasulullah adalah seorang yang ummi. Apa maksudnya? Beliau tidak bisa membaca maupun menulis. Walaupun demikian Rasulullah menguasai bahasa Arab yang paling murni karena beliau dibesarkan di pedalaman Arab oleh Halimah, ibu susuannya. Makanya kenapa surah pertama yang turun adalah Al-‘Alaq ayat 1-5 yang berbunyi iqra! Bacalah! Akhirnya Rasulullah mampu menghafalkan surah tersebut.
Walaupun diturunkan secara berangsur-angsur selama 23 tahun, Rasulullah mampu menghafal semuanya. Oleh karenanya Rasulullah memiliki sekelompok penghafal Qur’an yang sayangnya sebagian besar tewas di Perang Uhud dan beberapa sekretaris pribadi. Contohnya Zaid bin Tsabit. Ketika masih berusia 16 tahun sudah mampu menghafal beberapa surah dalam Al-Qur’an, dan mampu menguasai bahasa Ibrani, baik teks maupun verbal dalam waktu 7 hari.
Boleh jadi akan ada yang bertanya, “Dengan ayat sebegitu banyaknya, apakah Al-Qur’an mampu dihafalkan?” Jawabannya, sangat bisa. Kenyataannya banyak penghafal Qur’an yang masih muda (hafiz). Allah bahkan bersumpah bahwa Al-Qur’an adalah kitab yang terjaga kebenarannya dan kesuciannya hingga akhir zaman (QS Al-Hijr : 9).
Kalian, para generasi muda Islami, jangan lupa buat membaca Al-Qur’an. Paling tidak satu halaman per hari. Itu minimalnya. Kalo bisa lebih dari itu ya alhamdulillah. Tapi kalo gak tetap istiqomah. Kalo mau menghafalkan, lebih bagus lagi. Kelak, di surga nanti orangtua para penghafal Qur’an akan diberi jubah kemuliaan dan mahkota yang terbuat dari cahaya. Kalo sudah gitu pasti dijamin masuk surga. Hanya satu pesan dari Alfi. Jaga jangan sampe ibadah kalian itu hanya buat riya’. Jangan pernah sekali-sekali posting ibadah kalian di medsos. Postingan dan jumlah like bakal ngancurin amal ibadah dan pahala kalian. Itu aja.

Komentar

Postingan Populer