Mutiara Ramadhan 1439 H - Bukber

Buka Puasa Bersama
Acara yang satu ini kayaknya wajib dilakukan saat bulan Ramadhan. Namun, terkadang acara ini makan uang dan mengabaikan ibadah wajib yaitu sholat. Sholat yang berpotensi ditinggalin kalo pas acara bukber ada tiga, yaitu Maghrib, Isya, dan Tarawih. Dua sholat pertama memang wajib dilaksanakan. Cuma kalo ada acara beginian sering sholatnya jadi gak khusyuk. Dan Tarawih adalah ibadah sunnah. Sering shalat Tarawih diabaikan kalo ada acara buka bersama. Yang sunnah saja sudah dilipatgandakan (pahalanya), apalagi yang wajib. Inilah istimewanya bulan Ramadhan.
Beberapa waktu yang lalu sekolah Alfi mengadakan acara buka bersama. Hanya saja tempat dan biayanya tidak mencerminkan puasa dari menahan hawa nafsu duniawi. Acara ini hanya dilaksanakan setiap angkatan, dan tempatnya berbeda-beda. Angkatannya Alfi mengadakan di Vina’s House. Biayanya 70K. Ujung-ujungnya kalo gak main HP ya ngobrol sendiri.
Asal tau aja, tempatnya itu sering digunakan untuk acara peresmian, dan merupakan tempat mewah. Belum lagi biayanya yang selangit. Bagi orang kaya uang segitu bukan masalah. Tapi bagi orang berkecukupan kayak Alfi harus mikir dua kali. Ternyata, di kota Alfi, hampir semua hotel dan restoran membuat promo bagi pelajar. Bahkan ada yang membuat diskon hingga 50%.
Lagipula, seluruh pesertanya adalah remaja, yang sebagian besar belum bekerja. Udah pasti mereka minta uang ke ortunya. Padahal, di bulan Ramadhan ada kewajiban zakat sebesar 2,5% dari seluruh harta yang kita miliki. Dan Ramadhan juga mengharuskan kita menahan nafsu, baik fisik maupun batin.
Maka dari itu, beberapa teman Alfi memutuskan tidak ikut (lebih karena biayanya). Dalam Islam, harta adalah titipan Allah yang wajib kita jaga. Jangan sampe kita seperti Qarun. Merasa seluruh hartanya adalah karena kepintarannya, lantas menjadi sombong. Oleh Allah, Qarun diadzab dengan dibenamkan ke dalam bumi, termasuk seluruh hartanya.
Pesannya hanya satu. Hemat uang kalian buat bayar zakat. Selain itu jangan keseringan ikut bukber. Jangan ketawa melulu, apalagi bercanda. Kalian harusnya sadar, ada orang lain yang masih berada di bawahnya kita. Kita harusnya menumbuhkan kepedulian terhadap sesama, termasuk yang kurang mampu. Jangan boros. Ini bulan puasa. Menahan diri dari mengeluarkan uang berlebih, berbicara yang tidak berguna, dan lain sebagainya.
Tidak ada yang namanya buka puasa bersama, kalo kalian mengabaikan sholat Maghrib berjamaah di masjid (kata-kata ini diambil dari majalah Nurul Hayat).

Komentar

Postingan Populer