Mutiara Ramadhan 1439 H - Strategi Berdakwah


Strategi Dakwah Menurut Rasulullah SAW
Dakwah itu gak melulu ceramah di masjid. Juga bukan pidato di tempat-tempat rame yang banyak dilewati orang. Tapi dakwah juga gak harus memaksa kok. Yang punya hati itu kan Allah SWT.
Dakwah juga bisa dilakukan kapan saja, gak harus pagi atau siang. Bisa dimana aja, gak harus di masjid. Bisa di rumah. Di restoran. Bahkan di jalan raya.
Dakwah itu materinya gak harus tentang agama. Bisa tentang perilaku yang diajarkan Rasulullah. Bisa tentang cara makan sesuai sunnah Rasulullah. Termasuk perilaku yang sering kita remehkan. Kecil memang, tapi besar efeknya, baik secara kesehatan maupun di akhirat.
Gak percaya? Banyak hal yang sering kita remehkan dalam kehidupan sehari-hari. Masuk kamar mandi (WC). Masuk masjid. Berdoa sebelum makan. Makan pake tangan kanan. Tidur dengan berbaring ke kanan. Mengucap salam. Tidak berbicara dengan keras, tapi jelas dan mudah dimengerti. Menyantuni anak yatim. Sholat tepat waktu. Sholat Isya’ dan Subuh di masjid. Sholat Tahajjud. Dan masih banyak lagi.
Beberapa hal diatas sudah Alfi lakukan dan masih istiqomah sampe saat ini. Beberapa diantaranya juga ada yang gagal untuk dilakukan. Contohnya shalat Tahajjud (itu sering bolong-bolong), menyantuni anak yatim (yang ini memang belum bisa dilakukan), dan masih ada yang lain.
Semua yang disebut di paragraf ketiga merupakan sebagian kecil sunnah yang diajarkan oleh teladan kita, Nabi Agung Muhammad SAW. Sebetulnya, masih banyak sunnah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Tapi gak semuanya Alfi sebutkan di sini. Asal tau aja, sebagian besar yang disebut di paragraf ketiga, ada aktivitas yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan.
Hal-hal seperti itu bisa kita bicarain dengan teman sekelas. Bisa juga dengan sesama tetangga. Tapi udah dijelasin, kalo yang didakwahkan gak melulu tentang agama. Bisa juga tentang kerudung (banyak lo Muslimah gak pake kerudung). Atau malah tentang mengendalikan omongan. Lebih baik bicara yang bermanfaat atau diam. Gitu kan katanya Rasulullah?
Dibawah ini ada empat strategi, atau cara yang dapat kita pake untuk berdakwah yang Alfi dapatkan di stasiun radio Imelda FM. Berdakwah itu gak harus to the point, karena gak semua orang bisa langsung menerima.
1.      Beri salam (Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh)
2.      Ajak makan-makan. Kita yang traktir dia
3.      Ajak ngobrol. Kalo bisa, jangan langsung to the point
4.      Sisanya, pasrah kepada Allah, Maha Pembolak-balik Hati

Komentar

Postingan Populer